Wednesday 7 March 2018

Perbedaan Hub,Router,Dan Switch

Assalamualikum Wr Wb


A.Pendahuluan
Hay semua.Gimana kabarnya sehat selalu kan.Terimakasih telah mengunjungi blog saya.Oke pada kesempatan kali ini saya akan membuat sedikit artikel tentang perbedaan Hub,Router,dan Switch.Oke langsung saja pembahsannnya dibawah ini.

B.Latar Belakang
  1. Berbagi sedikit pengetahuan
  2. Menambah ilmu
C.Pembahsan Materi

Hub


 
Diantara ketiganya Hub adalah perangkat yang paling murah dan paling sederhana. Fungsi dari Hub sendiri adalah untuk menghubungkan antara port satu dengan yang lain, segala hal yang dikirimkan ke satu port akan dikirimkan kepada semua port yang lain, inilah mengapa Hub seringkali dikatakan yang paling bodoh diantara ketiganya.

Didalam Hub, Bandwith dari suatu jaringan dibagi rata ke tiap-tiap portnya, sehingga makin banyak port yang mengakses jaringan, maka makin berat pula traffic yang sedang berjalan sehingga koneksipun melambat. Dilain sisi, jika hanya ada satu port yang mengaksesnya maka koneksinya pun akan lebih maksimal. Hub saat ini jarang digunakan oleh masyarakat awam karena kekurangan-keurangannya tersebut.
Switch
 
Switch adalah versi upgrade dari Hub, dimana switch memberikan alternatif-alternatif yang dapat mengatasi kekurangan-kekurangan dari Hub. Switch dapat menentukan alamat port yang dituju dalam komunikasi antar jaringan, sehingga hanya port tersebut yang menerima transmisi data. Switch dapat melakukannya karena switch merecord data MAC Adress dari tiap port yang terhubung dengannya.

Karena switch dapat memilah alamat port yang dituju dalam sebuah transimisi, switch dapat membuat komunikasi antar jaringan menjadi lebih efisien. Tidak seperti Hub, switch akan mengalokasikan bandwith secara maksimal kepada setiap portnya sehingga konektivitas pun semakin stabil dan lancar. Perangkat inilah yang sering menjadi pilihan untuk membuat jaringan kecil untuk keperluan-keperluan sederhana.
Router
 
Router merupakan perangkat yang berbeda dengan kedua perangkat yang sudah disebutkan, Router dikatakan lebih pintar dari hub maupun switch karena router dapat melakukan hal - hal yang keduanya tidak dapat lakukan. Router mengidentifikasi paket data yang dikirimkan untuk melihat sumber dan tujuan dari sebuah transmisi dan mengarahkan transmisi tersebut ketempat yang sesuai untuk memastikan transmisi tersebut benar-benar sampai pada tujuannya.

Router dapat mengkoneksikan perangkat-perangkat yang terhubung dengannya ke internet secara langsung tanpa menggunakan perangkat antara. Selain itu router juga dibekali dengan fitur-fitur tambahan seperti, port switch tambahan, DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dan firewall untuk meningkatkan keamanan transmisi data dalam suatu jaringan.

D.Hasil Yang Di dapat
Dari penjelasan artikel di atas kita dapat mengetahui perbedaan dari ketiga alat tersebut

E.Penutup
Sekian apa yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua




 
Load disqus comments

0 comments