Monday 19 February 2018

Pengertian TCP/IP

Assalamualaikum Wr Wb.



Haii Guys...kembali lagi dengan saya.Agung Dimas Sanjaya..Semoga diberi kesehatan selalu untuk kalian semua...Okey pada kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yaitu tentang TCP/IP.Apa itu TCP/IP...?oke yang belum tahu simak di bawah ini,mari kita bahas

A.Pendahuluan
TCP/IP (Transmission Control Protocol) Merupakan model jaringan komputer dan rangkaian rangkaian protokol komunikasi yang digunakan di internet dan jaringan komputer yang hampir sama atau mirip.

B.Maksud Dan Tujuan
  • Berbagi sedikit ilmu tentang TCP/IP
  • Memahami materi TCP/IP
C.Pembahasan

Apa itu TCP/IP?

TCP/IP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol, Jadi TCP/IP adalah gabungan dari Protocol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di jaringan internet dan memastikan pengiriman data akan sampai sesuai dengan alamat yang dituju. Fungsi TCP adalah bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host/komputer. Sedangkan fungsi IP adalah untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. Protokol ini tidak dapat berdiri sendiri karna protokol ini merupakan kumpulan beberapa protokol (Protocol Suite). Protokol ini mampu bekerja dan diterapkan pada lintas perangkat lunak dalam berbagai sistem operasi, Istilah ini disebut dengan TCP/IP stack.

Arsitektur

TCP/IP merngimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis. Empat lapis ini, dapat dipetakan (meski tidak secara langsung) terhadap model referensi OSI.
Berikut ke-empat lapisan Protokol utama dalam Protocol TCP/IP :

1) Protokol lapisan aplikasi
Bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP), dan masih banyak protokol lainnya. Dalam beberapa implementasi stack protokol, seperti halnya Microsoft TCP/IP, protokol-protokol lapisan aplikasi berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atau NetBIOS over TCP/IP (NetBT).

2) Protokol lapisan antar-host
Berfungsi untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

3) Protokol lapisan internetwork
Bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management Protocol (IGMP).

4) Protokol lapisan antarmuka jaringan
Bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)).

Beberapa layanan Tradisional yang berjalan diatas Protocol TCP/IP

1) File Transfer ~ FTP (File Transfer Protocol), FTP merupakan suatu layanan yang memungkinkan pengguna komputer dapat berbagi, atau mengirim dan menerima file ke sebuah host atau komputer lainnya di jaringan internet dan bisa juga pada jaringan local. FTP dapat di akses dengan autentikasi user mode, dimana kalian jika mau akses FTP harus login dahulu menggunakan user name beserta password yang sudah ditentukan oleh Administrator. Atau bisa juga dengan menggunakan Mode Anonymous, yaitu tanpa menggunakan username beseta password. Sebelumnya saya sudah pernah posting cara konfigurasi FTP dengan menggunakan CentOS 7 (CLI) dan Windows Server 2012, jika kalian mau tahu bisa lihat Disini, Disini, atau Disini

2) Remote Login ~ Telnet, Telnet memungkinan kita untuk meremote atau mengakses komputer lain dalam suatu jaringan dari jarak jauh. Sebelumnya juga saya sudah pernah posting tutorial konfigurai Telnet menggunakan Server CentOS 7, jika kalian ingin tahu bisa lihat Disini.

3) Computer Mail, Digunakan untuk menerapkan sistem surat elektronik.

4) Network Storage Server ~ NFS (Network File System), NFS merupakan suatu layanan penyimpanan server dalam suatu jaringan yang seolah berkas-berkas tersebut disimpan secara local. Ohh iya saya juga pernah posting tutorial konfigurasi NFS di CentOS 7,

Request for Comments

RFC (Request For Comments) merupakan standar yang digunakan dalam Internet, meskipun ada juga isinya yg merupakan bahan diskusi ataupun omong kosong belaka. Diterbitkan oleh IAB yang merupakan komite independen yang terdiri atas para peneliti dan profesional yang mengerti teknis, kondisi dan evolusi Internet. Sebuah surat yg mengikuti nomor RFC menunjukan status RFC :
  • S: Standard, standar resmi bagi internet
  • DS: Draft standard, protokol tahap akhir sebelum disetujui sebagai standar
  • PS: Proposed Standard, protokol pertimbangan untuk standar masa depan
  • I: Informational, berisikan bahan-bahan diskusi yg sifatnya informasi
  • E: Experimental, protokol dalam tahap percobaan tetapi bukan pada jalur standar.
  • H: Historic, protokol-protokol yg telah digantikan atau tidak lagi dipertimbankan utk standardisasi.

D.Kesimpulan
Jangan Malas untuk membaca.Mulailah belajar dari membaca dan pahamilah materi yang kamu baca

E.Refrensi
http://masihkayakemaren.blogspot.co.id/2017/01/tcpip.html

Wassalamualaikum Wr Wb
Load disqus comments

0 comments